Hikmah ESQ

Sebelum hiatus panjang saya sempat menjanjikan untuk menuliskan opini tentang pelatihan ESQ yang saya ikuti, kenapa baru sekarang saya menuliskannya? Karena saya ingin melihat, setelah sekian lama, materi apakah yang masih menempel di kepala saya, karena disitu letak pelajaran yang didapat.

Apakah sholat saya lebih rajin, ibadah saya lebih khusyu? Hmm.. jujur nggak juga, tapi satu hal yang tertanam hingga kini yaitu berubahnya perspektif saya dalam memandang Islam dan Allah SWT. Islam yang secara tradisional identik dengan budaya timur tengah dan bahasa arab, menjadi suatu keagungan ajaran yang universal dan relevan dengan ilmu pengetahuan kuantum yang bahkan masih belum terjamah pemikiran manusia. Saya sampai bersujud dan menangis karena sudah meremehkan agama saya sendiri selama ini.

Memang, kebanyakan materi agama Islam yang saya dapat sedari kecil, hanyalah sebatas ajaran aturan teknis beribadah atau cerita kejayaan Islam masa lampau tanpa kupasan/diskusi yang lebih dalam tentang esensi ibadah/cerita tersebut; seperti ini dosa, ini wajib, dan itu sunnah, baca doa ini baca doa itu agar sampai hajatnya, sholat khusyu dengan lafal bahasa arab yang sempurna, habis waktu untuk hal-hal di permukaan saja tanpa sempat menyentuh kalbu dengan cahaya Islam yang sebenarnya. Bisa dimengerti karena terbatasnya lingkup pergaulan sang guru saya tersebut dan latar belakang pendidikan yang seadanya, namun tetap saya tetap menghargai dan amat berterimakasih kepada beliau karena tidak semua orang mau menjadi guru mengaji, termasuk saya sendiri :-p

Menurut saya tokoh-tokoh agama, guru-guru mengaji mestilah orang-orang yang juga memiliki sumber daya manusia yang tinggi, berpikiran terbuka, tidak terbuai oleh kenangan kejayaan Islam masa lampau dan tidak melulu mengurusi keluhan atas ketidakadilan terhadap umat Islam masa kini, karena itu tidak akan menyelesaikan masalahnya. Untuk Islam bisa bangkit, negara-negara Islam mesti nya lebih kompak dalam bertindak (bukan hanya mengecam) dan mengejar ketertinggalan di hampir semua bidang, lagi-lagi kuncinya ada di SDM umat Islam itu sendiri dan bagaimana mereka memandang permasalahan dunia saat ini.

Terlalu banyak hikmah dari ESQ untuk dituliskan disini, saya sarankan untuk mengikuti pelatihannya sendiri (buku ESQ agak terlalu rumit untuk dipahami). Perubahan cara pandang dan timbulnya penghargaan serta kekaguman atas ajaran Islam dan Allah SWT adalah hal terbaik yang saya dapat dari pelatihan ini.

“Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi merah mawar seperti (kilauan) minyak. Maka nikmat Tuhan-mu yang manakah yang kamu dustakan?”

(Quran 55: ar-Rahman 37-38)

Rosette Nebula

Rosette Nebula, Hubble Space Telescope 31 October 1999.

Comments

  1. pertama… duh pak… dalam bgt kalo soal ESQ yah ๐Ÿ™‚

  2. waduh, pengen euy..
    tapi masih belom menyempatkan diri aja..

  3. ongko prihastono says:

    saya merasa bersyukur bisa ikut training esq. saya benar2 merasa seperti terlahir kembali. saya merasakan ada semacam energi baru di diri saya untuk membuang hal2 negatif dan mulai melakukan hal2 positif di dalam hidup saya.saya skr sadar bahwa Alloh lah sumber dari semua yang ada di alam ini.kita semua tak ada apa2 nya dibanding Dia.

  4. BatavianX says:

    Mau ikut, tapi gak punya duit! ๐Ÿ˜ฆ

    Bagus mana dibanding ikutan pengajian zikirnya Ust. Arifin Ilham (yang ini gratis lho!)

  5. alhamdullilah saya baru saja jadi alumni esq…januari 2007 di banjarmasin. sangat banyak yang bisa kita dapatkan dari esq, saya sangat bersyukur atas rahmat Allah swt karena akhirnya saya bisa mengikuti training ini. Jujur saja saya pengen banget ikut setelah mendengarkan langsung cerita dari suami saya yang telah mengikuti esq pada bulan juli 2006 di jakarta, selain suami teman2 yang tlh ikut duluan juga sangat mendukung. saya disadarkan dan saya merasa sangat beruntung mengikuti esq sebelum sang khalik memangil saya tuk kembali padanya. Hanya kepada Allah swt kita berserah diri,,,,mudah2an kita semua dapat rahmat dan hidayah nya amien.

  6. Uang bukan segalanya, klo sudah menyangkut Allah SWT. bener Ngak….

  7. wait for me to join ESQ

  8. Saya alumni ESQ Bali September 2005,

    Saya Islam selama 35th tetapi setelah ikut training ESQ saya merasa seperti Muallaf lagi, yang masuk Islam karena Hidayah Allah….

    Alhamdulillah……

  9. Ass. Alhandulilah aq pernah ikut training ESQ di kampus aq,aq sangat menyadari kekurangan aq yang selama ini,klw menyangkut maslah ESQ yang selama ini aq dpt alhamdulilah sangat membenggakan dan sangat bersukur kepada Allah SWT

  10. Ass. Alhandulilah aq pernah ikut training ESQ di kampus aq,aq sangat menyadari kekurangan aq yang selama ini,klw menyangkut maslah ESQ yang selama ini aq sangat bersukur dan alhamdulilah sangat membanggakan dan sangat bersukur kepada Allah SWT. mudah-mudaan Allah Swt memasukan kita semua ke golongan orang2 yang selalu berdzikir, orang-orang yg selalu bersyukur dan orang-orang yang di berikan petunjuk sampai hayatnya Amiin

  11. suryo s says:

    Ass, er,wb. saya mualaf nich pak, dulu saya nasrani.Alhandulilah saya udah ikutan trening esq di DIY. tapi napa saya masih sulit sekali untuk bisa seperti yang saya harapkan. napa saya rasa pintu blm terbuka utk saya.saya sempat mengalami krisis kepercayaan terhadap keluarga saya. sampai aku mencapai suatu titik untuk berfikiran positif, supaya hasilnya positif.tolong kasih saya masukan, makasih.

  12. niEsa... says:

    Asw…
    Saya niEsa alumni TEENS esq, Subhanallah banget bisa ikutan Esq, awalnya temen saya yang ikut…truz mReka cRita ke saya, n ga tw knapa saya langsung interest n mutusin bwat ikut yang bulan depannya (Alhamdulillah dapet respon baik dari ortu, mreka bilang ‘ Klo bisa bwat kamu jd Shalehah, apa sich yang enggak’, Awalnya temen-temen yang lain juga amat sangat tertarik, tapi waktu tw biayanya mahal mereka langsung mutusin ga ikut, Eh pas saya kLaz 3 Sma, malah diledek2in sama temen2.. waktu saya cRita2 ttg Esq mreka malah bilang, ‘ Dibayar brapa siCh lo sama Esq, sampe mw promosi gede2an kaya gitu’.

    Saya cuma bisa nerima aja, tapi baru2 ini pas buku ESQ FOR TEENS terbit, saya tunjukin kemereka n mulai ceritain lagi tentang esq, n alhadulillah, mreka dah ga ngLedek lagi, malah nyuruh saya supaya sering ngasih renungan ttg materi esq ke mereka…..Alhamdulillah……

  13. Laras ( Indonesia) says:

    buku ESQ sudah pernah saya baca dan walaupun agak sulit dimengerti, mau tidak mau saya harus mengakui bahwa saya sedikit sadar akan hal-hal negatif dan memulai diri saya dari awal lagi

  14. buku ESQ sangat bagus. saya terkesan membacanya, buku ini sarat dengan hikmah. perlu untuk setiap orang membancanya.

  15. saya sangat tertarik sekali!! kebetulan klo soal esq dari dulu sudah pernah dengar tapi blom pernah ikut trainingnya mudah2an di beri jalan dan rejeki untuk ikutan trainingnya……

  16. saya rasa esq telah melunakkan hati saya.
    demikian juga teman-teman alumni yang lain , dari hati yang keras melebihi batu menjadi hati yang lunak . Esq juga membuat kita tidak sombong , karena dengan hati yang bersihlah kita dapat bertemu dengan Allah Al Khalik

  17. assalammu’alaikum…

    salam kenal…saya alumni ESQ prof (angkatannya lupa..), mo minta tolong dong..ada saudara2 kita di suatu forum yang mempertanyakan tentang penggunaan hadits dhoif dan penggunaan musik dalam training ESQ…
    mungkin temen2 disini, espc empu-nya blog bs meneruskan pertanyaan saudara2 kita tersebut ke tim/trainer ESQ langsung..
    untuk lebih jelasnya klik:
    http://myquran.org/forum/index.php/topic,12595.90/topicseen.html

    tapi jangan emosi ya klo baca thread ini…

    tq..

    Wassalammu’alaikum…

  18. dengan mengikuti ESQ, saya jadi sadar akan kebesaran Allah SWT, saya jadi rindu kepada Allah SWT dan Baginda Rasulullah SAW. Ternyata ESQ salah satu sarana dalam meningkatkan ketakwaan kita terhadap sang Khalik……….

  19. Assalamualaikum Wr. Wb
    salam kenal saya “Subari” biasa di sapa “alink” saya alumni (teens 1 di gorontalo).

    Alhamdullillah… BGT pokoknya rasa syukur yang AMAT SANGAT BESAR saya panjatkan kepada ALLAH atas hidayat yang diberikan-Nya kepada saya, karena berkat mengikuti training ESQ saya bisa tahu “who am i” , ” what i want to do” , n banyak lagi yang saya dapatkan dari training ESQ yang sebelumnya saya tidak tahu. and i hope itu semua bisa bertahan sampai akhir hayat saya. so… thanx so much kepada trainernya (K’Bram n K’Zaki) yang telah membagi ilmunya kepada saya and spesial thanx 4 The Bigest God ALLAH SWT, semoga kita bisa mewujudkan iondonesia emas di 2020 dan dunia emas di 2050 amien….

    tetap semangat GO…GO…FIGTH…FIGTH…WIN…WIN… satria ESQ 1 6 5…

    thas All from Alink
    bye n’
    Assalamualaikum Wr. Wb

  20. saya baruu aja selesai ikut pencerahkan tsb. Berita gembira untuk alumni, katanya Insya Allah, ESQ akan punya gedung sendiri lho, direncanakan 25 lantai. di TB simatupang. Jadi nggak diadain di hotel2 lagi..

  21. subhanallah.. subhanallah..

    alhamdulillah,, saya dikasih kesempatan sama ALLAH untuk bisa ikut training ESQ tEENS..

    saya sadar,, sebelum ikut ESQ saya sangat melupakan ALLAH.. saya jarang sholat,, jarang ibadah,, (astaghfirullah)

    tp akhirnya saya bisa menemukan makna dari kata “SIAPA AKU??” n “MAU KEMANA AKU??”

    tp perlu digarisbawahi,, bukan ESQ yg merubah saya tetapi melalui ESQ saya bisa kembali ke jalan yang benar..

    insya ALLAH saya bisa terus memegang nilai2 inti dari suara hati yg berasal dari ASMAUL HUSNA..

    amiiin….

    trima kasih om Ari,, k ridwan,, bunda,, n seluruh alumni maupun trainer …

    I Luv U 4eva

  22. Assalamulalaikum.,.
    saya alumni ESQ teens angkatan 35 jakarta.

    Subhanallah.. banyak bgt yg saya dapat dari ESQ..
    memang, sesungguhnya bukan ESQ, bukan Om Ary, bukan Trainer2 yang bisa memberikan hidayah kepada kita.. Sungguh itulah pemberian Allah yang ga ternilai dengan apapun..

    ESQ, hanya sebagai perantara aja..

    saya udah banyak nerima komentar2 miring ttg ESQ.. yg paling bikin saya ‘geli’ sendiri yaitu komen2 negatif dari saudara2 kita yg BELUM IKUT TRAINING, mereka seenaknya aja bilang ESQ itu hipnosis lah.. menyempitkan pikiranlah.. Islam konservatif lah..

    MasyaAllah..
    saya cuma bisa ketawa2 aja.. dapet cerita dari mana coba orang2 itu??
    kita ga bisa cerita tentang pizza kalo kita belum ngerasain pizza nya…

    ya ga?

    Simple aja sebenernya..
    ikutan dulu…

    bnyk jga yg mempermasalahkan ‘duit’
    perlu dipertegas disini..
    uang yg kita keluarkan itu.. bukan BULET-BULET dimakan sama Om Ary atau para trainer..

    banyak hal2 yg harus diperhitungkan..
    seperti
    -Sewa gedung
    kita tentunya perlu ruangan luas yg bagus lengkap dengan AC..

    -Sound system
    di ESQ, kita ga pake sound system biasa untuk orang dangdutan atau karaoke.. ESQ butuh kekuatan sound sebesar 10.000 watt..
    dan ini diperlukan berpuluh2 juta dalam sekali training.

    -Layar
    di ESQ, kita perlu 3 layar untuk penyampaian materi. kualitas gambarnya sama dengan kualitas di bioskop.. karena disana kita disuguhkan beberapa klip film dan klip musik..
    (Masa mau pake layar tancep??)

    -COffee break dan makan siang
    yg membuat kelas eksekutif biayanya lebih mahal daripada kelas lain, salah satunya karena faktor coffee break ini, training eksekutif berjalan slma 4 hari. dan satu harinya ada 3 kali coffee break, kue2 dan makanan yg disajikan bukan kue2 jajanan pasar, tp ‘jajanan hotel’.

    itu cuma segelintir yang saya tau tentang ESQ..
    yg jelas, ESQ selalu berusaha menekan biaya ini sehingga nanti ESQ insy4jj GRATIS untuk semua kalangan.. amiiin..

    Semoga Om Ary, para trainer, dan 280rb orang alumni diberi kekuatan untuk terus berjuang melanjutkan perjuangan Rasulullah.. Amiin!
    Berbahagialah kita ada di jalan 165 ini..

    SALAM 165!!

  23. Mashudi says:

    Marilah kita dengan keikhlasan hati kita, menjadi wakil Allah di bumiNya Allah mewujudkan Indonesia Emas 2010 menjadi sebuah peradaban mulia. Allah Al Hasiib akan senantiasa menghitung setiap niat dan ikhtiar kita menuju cita-cita mulia tersebut.
    Salam 165 dari Makassar.

  24. supriadi says:

    salam 165….
    alhamdulillah sy jg baru ikutan training esq, dampaknya sgt luar biasa, sy dulu sering ikut training / kepelatihan yg lain, tp semua itu bersifat sementara,terkadang tujuan dari training2 itu hanya untuk dunia saja, tapi klo di esq ini tdk hanya dunia tp lebih kepada pendekatan diri pd ALLAH SWT,krn semua yg berjalan /beredar di dunia ini semua sesuai dengan perintah ALLAH, buat yg belum ikut cepetan deh ikutan ……….

  25. duniabunda says:

    selamat pagi !!!!
    salam 165….
    alhamdulillah saya telah menjadi alumni, dan saya bersyukur telah mengikuti training ini dan banyak hikmah yang saya dapat kan dari training ini… saya tau tujuan hidup saya sekarang, dan saya tau ALLOH SWT selalu ada di hati kita..dan semoga kita senatiasa di cintai dan mencintai ALLOH SWT..amien..

    salam 165

    Tembagapura – Papua

  26. Salam 165
    Saya Ikut Training ESQ di Jakarta ..
    Memang sih ESQ menambah Wawasan (Tsaqofah) kita sebagai Seorang Muslim
    Tapi Bagaimana Merawat Keimanan kita pasca mengikuti ESQ krn kadar keimanan seseorang naik turun
    Jadi Para Alumni ESQ kami sarankan untuk meneruskan perjuangannya menjaga keistiqamahan diri melalui aktif dalam mengikuti kajian keislaman dimanapun berada
    Semoga Allah senantiasa melindungi kita
    amin

    Salam 165

    Wawan Cibubur

  27. Ass.
    Perkenankan saya ikut komen disini, saya salah satu aktivis fosma (forum silahturahmi mahasiswa). ESQ 165? Subhanallah, banyak mahasiswa ikut mendukung cita-cita menuju indonesia emas, dan pihak ESQ LC pun mendukung! Banyak yg saya dptkan disini! Banyak yg komentar ttg biaya, masalahnya sejak awal hingga saat ini ada beberapa training yg mengalami penurunan karena efisiensi. Tidak mengurangi kualitas karena cara esq menyampaikan ternyata butuh dana yg tidak sedikit! Semoga perjuangan beliau-beliau tidak disalah-artikan. Salam 165

  28. zainudin says:

    buat teman2 alumni khususnya mas Suryo yang mualaf,

    Asswrwb

    Terlalu berharga apa yang kita daptkan dari ESQ kalau kita hanya berhenti sampai disitu. Ibaratnya kita baru dibangunkan dari tidur panjang, kita masih bingung kemana kita akan pergi, dari mana kita mulai dst. Sangat saya anjurkan teman2 membaca buku2 yang terkait dengan tauhid supaya apa yang kita dapat di ESQ bisa semakin kita pahami. buku2 yang pernah saya baca terkait masalah ini dan berkesan mendalam adalah “Allah SWT”, kemudian “Arrosul”, dua2nya karya Said Hawa, kemudian “Kuliah Tauhid” dan Islam sistem nilai terpadu” karya Dr.Ir. Muhammad Imaduddin atau lebih dikenal dengan bang Imad. Insya Allah buku2 tsb akan sangat bermanfaat bagi teman2 dalam menambah keimanan dan lebih mencintai Rosulullah SAW.
    selamt menikmati

    wasswrwb

  29. Ukh_Deewi says:

    Assalamualaikum… aku juga alumni ESQ, ikut trainingnya diBali,tapi sampai sekarang aku masih punya keinginan yang belum kesampaian, pengeeeeeeeeeen bgt ayah ma Ibu bisa ikut training ESQ, coz aku dapt tiket gratis wktu training di bali?? yah maklumin aza aku orang yang gak mampu untuk ngeluarin biaya itu (keluargaku bukan klangan yang berkecukupan) 7annya sih spaya mreka be2 bisa merasakan apa yang aku rasakan kemaren?? buat all alumni, doain ya? moga ini tercapai… wassalam, jazakillah khairon katsira SALAM 165 4JJI AKBAR!!!!!!

  30. Assalamualaikum

    Aq juga alumni ESQ Mahasiswa angkatan ke 25.
    Aq ngrasa beruntung banget msih smpet dikasih hidayah sma ALLAH SWT.
    aq tau banyak hal yang sbelumnya ga pernah dikasih tau sm ortu ku di training ini,,
    tp smpe skarang aq sm tmn ku yg ikt training ni jg msh heran,,
    knp sih bisa kangen,,, banget sm suasana wkt training,
    ada yg tau jawabannya ga?
    salam 165

  31. katakbersalin says:

    assalamu ‘alaikum wr wb
    salam 165
    saya alumni ESQ Teens angkatan 14 Bandung …
    ESQ memang membuka mata hati saya yang dahulu tertutup karena ilmu – ilmu dunia. Namun berkat Allah SWT melalui ESQ, ilmu – ilmu dunia itu pula yang “membuka” mata hati saya.

    kenapa kita kangen sm suasana training … ?
    karena sebenarnya kita kangen dengan kasih sayang Allah, Ar-Rohman Ar-Rahim, yang Dia curahkan pd kita semua, yang kita rasakan saat training. Allah masih menyayangi kita semua dengan cara kita masih diberi peringatan. Bagaimana bila kita seperti orang – orang sudah gelap hati namun sudah tiada? Na’udzubillahimindzalik.Manfaatkan waktu ini dengan sebaik – baiknya.

    Inilah ESQ, sebuah kekuatan baru yang menyatukan semangat kuno dan baru menjadi unspecificable experience yang Insya Allah akan membuat Indonesia bahkan Dunia Emas !!!
    ALLAHU AKBAR !!!

    Wassalamu’alaikum Wr Wb
    Salam 165

    (n.b. : kalo ada yang mau background musicnya traning, bisa pesan ke saya… hehehe)

  32. alhamdulillah..
    ikut training esq,bikin kia menenel,dan meyakini Allah.aku yakin tapi tak seyakin kini.Aku yakin akan pertemuanku nanti.kini aku merasakan kebesaran Allah, Kasih syang Allah.Allah Maha melihat..

  33. SANDY SHOT BANDUNG says:

    ASS, TERLALU BANYAK DOSA YANG TERLUPAKAN N TERLALU BANYAK ORANG YANG TERSAKITI OLEH HAMBA-MU INI YA ALLAH. DI TRAINING ESQ TEENS 11 BANDUNG, SAYA MENEMUKAN JATI DIRI SAYA SELAMA INI DAN UNTUK APA SAYA HIDUP DI DUNIA YANG HANYA SESAAT INI. HIDUP INI HANYA UNTUK-MU YA ALLAH, SEMOGA DOSA SEMUA HAMBA-MU INI ENGKAU AMPUNI YA-ALLAH. AMIEN . .SELAMAT BERJUANG PARA KSATRIA-KSATRIA 165.

  34. yessi meitri ulfa says:

    asw…
    nama saya yessi. saya alumni esq teens ang 1 bengkulu. subhanallah seneng bgt bisa masuk ke esq ini. g nyangka dech! bisa jadi ats, lagi! senang nya g ke kira… ternyata ini yang saya cari. selama ini saya hampa. tapi alhamdulillah saya telah memiliki spiritual happiness. yang saya saangaaaatttttt….. seeeeeenaaanng………….saya bisa merasakan cinta kpd Allah…..dsan rindu bgt pengen ktemu. amin ya Allah…. saya bahgia sekali air mata ini bisa beRcucuran karna rindu dan takut sama Allah. saya sampai berdoa.Ya Allah aku rela kehilangan apapun yg saya sayangi tapi aku tak rela…sgt tak rela bila harus kehilangan_Mu. amin. Ya Allah jagalah selau hati ini agar selalu mencintai-Mu. amin. kami ridu pada-Mu ya Allah…
    di ESQ saya juga lebih tahu dan mengenal sang idola yaitu Rasulullah SAW. setelah mengikuti training saya meraskan rindu yang amat sangat kepada Rasulullah. Ya Rasulullah berikanlah syafaat mu kepd kami agar kami bisa bertemu dungan mu dan melihat wajah mu…. aminn..
    for all alumni ESQ saya berdoa semoga kita bisa berkumpul di surganya Allah dan Rasulullah….juga bersama para trainer da tim esq. khususnya om ary tersayang… 4 semua alumni teens jaga ya hidayah yang telah kita dapatt dan bersyukurlah atas itu. karna kita tdk akn bisa lagi mendpt kannya, klo semua itu hilang lenyap.
    ok terus berjuang!!!!
    buat Allah dan Rasul bangga padamu!!!
    ESQ..GO…FIGHT…WIN..YESS!!!
    SALAM 165
    YESI MEITRI ATS ESQ BENGKULU
    ASW…..

  35. saya,alumni ESQ reguler angkatan 11 cirebon 16-17/06/07.salam u/sahabat angkatan 11,semoga tetap dalam garis edar seperti matahari,bumi,bulan dan seluruh benda2 langit yg tetap berotasi,sesuai dgn ketentuanNYA.apatah sahabat2 masih mengalami saat2 sujud dengan keadaan dada yang nyaris meledak-ledak? dan masih terngiang-ngiang ditelinga,pd saat mendenar azan? itulah pengalaman yang sungguh indah,menakjubkan,menyadarkan sahabat2 akan ketidak berdayaan sahabat2 semua sebagai ciptaanNYA. .. salam 165.

  36. Ass. Wr. Wb ..

    Q edho , alumi teens Padang ..

    Alhamdulillah .
    itu adlah kata2 pertama yg mampu Q ucapkan stelah keluar dari gedung tmpat training yg di pimpin k eka chandra ..

    Gmn g ??

    Q mrasa ‘ ditampar ” ste;ah dilihatkan kebesaran2Nya yg slama ne Q anggap biasa ..

    wktu Q Outer Journey, Q mrasa hnya setitik kecil di dunia ini ..

    bhkan, jika ada titik yg paling kecil , itulah Q ..

    ESQ bnar2 brhasil membuat Q serasa hidup kembali ..

    ingin ( klu bisa ) ikut training dgn materi2 baru setiap ada training, biar Q bisa mrasa lahir lagi ….. dan ….. lagi !!

    stelah ikut training , Q berjanji akan berjuang mnyebarkan cahaya 165 ..

    tentunya bersama teman-teman alumni smua ..

    salam 165 from Padang,

    edho.

  37. John Koeman says:

    Ass.Wr.Wb..

    Kami di Belanda pula ikut training ESQ yang kini telah diadakan sebanyak 4 kali. Karena saya begitu tersentuh saya bersedia bergabung dengan korwil ESQ Belanda dan kemudian menjabat sebagai kepala bidang marketing.
    Bapak Rinaldi meminta saya untuk menjadi trainer internasional dan saya bersedia untuk meninggalkan pekerjaanku di Belanda dan pindah ke Indonesia selama 1 tahun agar dididik menjadi trainer esq.
    saya ikut training ESQ di Jakarta, tepatnya di hotel Le Meridien pada hari minggu 5 mei lalu dan saya juga ikut naik panggung dengan Bapak Rinaldi untuk memberi sharing tentang pengalaman saya di ESQ, training ESQ di Amsterdam dan perkembangan di Belanda namun pelan-pelan saya mulai ragu tentang beberapa hal:
    Anehnya waktu coffeebreak kami turun dari panggung dan langsung menuju ruangan khusus trainer, namun satu pun peserta nggak disapa, lantas waktu saya minta audiovisual material untuk korwil Belanda saya diharuskan bayar tunai.
    Lantas mertua saya masuk ruangan, kok nggak disapa/direken sama sekali.
    Waktu di Belanda para trainer ramah sekali, menyapa banyak sekali peserta tetapi di sini nggak. Juga cara bergaul dengan pelayan rumah makan nggak seperti waktu di Belanda.
    Agak feodalis malahan.
    Lalu saya
    melihat beberapa hal yang menurut saya tidak sesuai dengan ajaran islam. Makanya saya kini telah mundur dari ESQ secara total.
    Pertama-tama saya waktu di training melihat bahwa angka 165 sangat diistimewakan, sehingga kartu tilpon yang dijual pun semua berakhir dengan angka 165. Itu menurut saya mengundang shiriq. Kemudian saya melihat bahwa ESQ sangat was-was tentang perlindungan hak cipta training mereka namun banyak sekali gambar dari NASA dll. nggak ada izin pemakaian.
    Ucapan PAGI!!! tidak boleh menggantikan Assalamu’ alaikum dan menurut saya agama sangat dikomersiilkan.
    Sekian sumbangan pikiran dari saya John Gerardus Koeman di kota Den Haag Belanda.

  38. Like Septilla, UPI'YPTK' says:

    Slamat Pagi..!
    Slamat Pagi..!
    aQ alumni ESq, tepatnya April 2007.
    Aq sangat Beruntung sekali telah dipilih oleh Tuhan untuk mengikuti Training ini. Sungguh Luar Biasa. Memang Benar, segala sesuatu Tuhanlah yang menentukan. Karena telah 3 kali aQ mencoba ikut Esq. Namun pada April 2007 lah baru bisa mengikutinya.
    Dengan ikt Training ini, aq dapat melihat tujuan hidup sebenarmya. aq tahu siapa diriku, siapa Tuhanku, dan semuanya. aq cuma ingin dan berharap agar orang-orang yang ku cintai bisa ikut dan merasakan training yang Luar biasa ini.

    aq kangen dan ingin mengikuti Training ini lagi.

    Wassalam

    salam 165^

  39. aq Nur says:

    Untuk John Koeman,

    Aduhh gak enak ya dengernya, mungkin pada saat itu lagi pada khilaf? apa kelewat sibuk,
    maklum manusia kali ya,….kebanyakan stress nya.

    aku juga yang sudah alumni, masih sering khilaf padalah harusnya sudah sadar…..!

    mohon di maafkan saja mas John, atau langsung di keluh kesahkan ke training centre ESQ, supaya bisa selalu terjaga ke akraban dan tujuan sillaturahmi nya.

    mengenai nomor telpon segala macem, iya jangan telalu ESQ minded ah, cintai Allah, ESQ adalah perantara saja, semua datangnya dari ALLAH SWT, ESQ jadi hebat juga dari ALLAH…

    Salam buat semua alumni, rindu keakraban waktu training.!!

    wassalam,

  40. anggie says:

    assalamualaikum semua…

    saya alumni ESQ … angkatan 7,tepatnya baru 1 hari yg lalu saya mengikuti ESQ (14-15 juli2007)…subhanallah!!! saya merasa bersyukur karena tuhan sudah memberikan saya kesempatan untuk bisa mengikuti ESQ…

    jujur..pada awalnya saya tidak merasa yakin bahwa saya bisa benar2 merasakan getaran, seprti kebanyakan yg org katakan…tapi ternyata saya salah!!! saya benar2 bisa merasakan sesuatu hal yg sebelumnya belum pernah saya rasakan…getaran dimana membuat saya menjadi sadar bahwa saya hanya manusia biasa (sangat kecil dimata ALLAH)
    saya sadar sudah terlalu banyak kekhilafan dan dosa yg pernah saya lakukan selama ini…terutama kepada kedua orangtua saya ๐Ÿ˜ฆ
    INSYA ALLAH mudah2an EsQ ini bisa membawa perubahan yg positif kedalam kehidupan saya…mulai hari ini dan seterusnya…perubahan yang semata2 karena ALLAH SWT…aminnn

    sekali lagi..terima kasih YA ALLAH atas segala nikmat yg telah engkau berikan kpd hamba selama ini..ijinkanlah hamba selalu berjalan dijalan-MU YA ALLAH ๐Ÿ™‚

  41. ESQ adalah oksigen, demikian bunyi kalimat pembuka training ESQ.
    Kita semua butuh oksigen,
    Kalau ESQ sudah disamakan dengan oksigen, islam mau disamakan dengan apa?
    Wah, berarti ESQ disamakan dengan islam.
    Jangan-jangan mereka menyatukan ESQ dengan ajaran Islam.
    Kamu meragukan ESQ berarti kamu meragukan kata-kata nabi Mohammad s.a.w.
    Mengapa para peserta harus bayar mahal untuk training ESQ? Bukankah para ATS semua kerja keras tanpa imbalan apapun?
    Mengapa harus membangun Graha ESQ 165? Apa Jakarta masih kekurangan gedung perkantoran yang tinggi-tinggi?
    Bukankah memelihara anak yatim piatu jauh lebih penting?
    Pikirlah seperti nabi kita!

    Salam hangat dari Belanda!

  42. Wah Bung John Koeman…Anda jangan berpikir satu arah seperti itu. Di zaman para Nabi, zaman tidak seperti saat ini. Kalau Anda ingin memikat orang maka Anda tidak cukup hanya menggunakan hati tapi juga performance penampilan Anda. Memang banyak yang bilang jangan menilai buku dari cover-nya. Tapi apa mau dikata? di zaman ini kalau mau dihargai ya Anda harus menghargai diri Anda sendiri. Membangun gedung adalah sarana membangun cover. Identitas dan sebuah kebanggan. Jangan kira hal seperti ini tidak penting. Ingat, Allah tidak melarang kita menggunakan harta duniawi. Masalah ke-2 mengenai pembayaran. Apa bisa zaman sekarang ini serba gratis? Darimana membayar sewa gedung? siapa yang menjamin “makan” para trainer? Allah meminta kita beramal tapi jangan melupakan diri sendiri. Pikirkan baik2. Jangan selalu berpikir satu arah

  43. Oh ya Pak john Koeman-pun juga perlu koreksi diri. Ingat dua hal pak :

    1. Jangan dulu berprasangka buruk. Apakah bapak tidak pernah berpikir sesuatu yang positif. Misalnya,apa trainernya sedang capek atau bagaimana? Ingat pak, kata Rasul “jangan banyak berprasangka. Karena kebanyakan dari prasangka adalah dosa”

    2.Trainer hanya manusia. Sama seperti kita. Bahkan Nabi Muhammad SAW-pun pernah ditegur oleh Allah secara keras dalam surat Abasya karena beliau bermuka masam kepada seorang buta yang meminta pelajaran pada Beliau. Nah, saya pikir pak John-pun harus instropeksi dan pihak ESQ juga harus instropeksi. Hanya saran saya jangan berprasangka dulu pak Jhon!

  44. abu almas says:

    Menurut saya training ESQ 165 bagus.
    Tapi pengaruhnya terhadap trainee akan berbeda2 tergantung pada “siapa kita”. Pada kondisi apa kita ketika mengikuti training tersebut.
    Pengaruh yang nampak pada teman2 saya berbeda dengan apa yang terasa oleh saya. Training ini telah menambah ke pede an saya bahwa keimanan akan adanya SANG PENCIPTA dengan segala sifatnya, kebenaran bahwa AL-QURAN berasal dari ALLAH dan keyakinan akan kebenaran MUHAMMAD SAW sebagai ROSULULLAH harus dicapai melalui pemahaman akal (aqliyah). Training ESQ adalah satu model saja dari sekian banyak model bagaimana kita menjelaskan hal tersebut.
    Ambil yang baiknya, buang yang buruknya.
    Mari kita sambut kebangkitan Islam. Jadilah kita sebagai pelaku pembangun peradaban Islam. Alloohu Akbar !!!!

  45. sneng bgt….bnyak dpt tmen dan jadi tau
    jati diri aku and siapa tuhan aku…
    game”snya juga seru abis…..
    pokonya gak bkal nyesel….
    oh iya aku dari tasik alumni 1 dari tasik…
    dan alhamdulillah 99 orang yang ikut….
    pas sama asmaul Allah…..

  46. tapiiii…
    knp akuh kurng suka sama tmen” baru aku yang
    meeka buat shot…
    ok..ok silahturahmi…tapi mereka pili-pilih teman jadi sebel…
    aku jadi di jauhin….
    mana arti persahabatan????????
    bukankah kita disana buat mencari temen untuk di ajak sharing???
    arrrgh

  47. Saya adalah alumni esq cibinong bulan Feb 2007…
    Terimakasih kepada saudaraku yang telah mengajakku agar aku bisa lebih mengenal Allah melalui ESQ, lebih mengenal diri dan memaknai hidup lebih baik lagi… Semoga kita bisa menjadi lebih baik lagi karena kita bukan siapa-siapa di hadapan Allah SWT serta harus bisa mensyukuri semua nikmat yang telah diberikan kepada kita…
    Masih ada satu yang aku harapkan …. Aku ingin agar suamiku bisa mengikuti trainning ESQ…. Semoga dalam waktu dekat …. Amin Ya Rabbal Alamin

  48. SELAMAT PAGI..
    SUBHANALLAH memang ESQ adalah wadah untuk mengajak kebaekan..Setelah aq ikutan ESQ angkatan 9 yg diadakan di Bali,aq merasakan bahwa ALLAH itu dekat dgn qta dan menjadi support bagi aq utk menjadi orag yg lebih baek dan tau jati diri qta cpa..makaci WSQ

  49. SELAMAT PAGI..
    SUBHANALLAH memang ESQ adalah wadah untuk mengajak kebaekan..Setelah aq ikutan ESQ angkatan 9 yg diadakan di Bali,aq merasakan bahwa ALLAH itu dekat dgn qta dan menjadi support bagi aq utk menjadi orag yg lebih baek dan tau jati diri qta cpa..makaci ESQ

  50. tterimah kasih kepada esq coz bisa lung kan masa untuk memberikam cerama tentang esq di kendari di kampus stika,

  51. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Pagi !!!!

    Untuk Mr. Joen Koeman dari Belanda..

    Saya seorang alumni teens 1 Tasikmalaya… Saya ingin mengingatkan… Jangan lah engkau seperti fir’aun yang telah sadar tapi kembali pada kehidupan yang lama… dan juga jangan lah kau buta janganlah hatimu mengeras bagi batu…

    Mr. Joen,, bukan kah kalau 165 itu adalah 1 ihsan 6 rukun iman 5 rukun islam ? bukan kah itu yang di ajarkan nabi Muhammad pada kita… Masa kalau kita memakai atribut seperti itu dalam no. telpon, nama dsb kita tidak boleh ?
    dan juga, kata pagi sering di ucapkan trainer ketika trainer telah mengucapkan Asslamu’alaikum… Makannya klo di ruangan training pasang telinganya… jangan tidur aja…

    dan juga untuk Kuntum,, kami tidak pilih- pilih teman mungkin anda yang merasa di kucilkan, tapi sungguh, tdak sedikitpun ada rasa ingin mengucilkan terima kasih…

    Dan untuk alumni dimanapun berada , Shots99 Tasikmalaya punya friendster yakni shots99@esq.tasikmalaya
    jadi di add ya…

    Salam 165

    Wassalamu’alaikum

  52. Pertama kali saya ikut esq adalah awal bulan ramadhan tahun 2007.Dan saat saya mengikuti training esq dari sekolah saya (SMPN 4 BEKASI).Saya cuma mw bertrima ksih pada para panitia esq karna hari itu sepulang dari training esq saya lansung datang ke hadapan ibu saya dan segera meminta maaf ayas segala kesalahan saya.dan untuk para panitia esq di bekasi add saya ya di hoewdhans_liens@yahoo.com. ok ku tunggu ya oya kalau ada training esq gratis di bekasi undan anak-anak 7.1 dari SMPN 4 BEKASI ya…

    Wasalamuallaikum.W.R.W.B

  53. Sudarnoko ( Eko ) says:

    Assallammualaiku,

    Saya sudarnoko, semua temen panggil saya eko, Sebelum saya ikut training ESQ saya sudah banyak mendengar dari beberapa temen yang sudah pernah mengikutinya dan alhamdulilah perusahaan tempat saya kerja memilih saya untuk mengikuti training ESQ yang diadakan di Hotel Equator Bontang ( KAl-Tim ), hari pertama saya biasa saja dan diawal hari pertama saya selalu bertanya dalam hati tentang apa saja sih makalahnya ?, kok tidak dibagikan makalah dan materi trainingnya, menjelang usai hari pertama saya baru sadar bahwa training ESQ 165 ini sangatlah menyentuh hati kecil saya, shingga pada hari berikutnya saya sangat antusias bahkan dihari terakir ( 3 ) saya merasa tiga hari sangatlah berarti dalam kehidupan saya saat ini.

    Saya mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan jalanya dan kepada para Trainer ( Bpk M. Subhan,Uus&bram ) yang telah memberikan materi-materi dan metodenya kepada saya sehingga saya merasa telah menemukan apa arti hidup dan untuk apa kita hidup serta mau kemana kita hidup.

    Assalamuโ€™alaikum Wr. Wb.

    Salam ESQ . . .

    Eko.

  54. desTa_rIeSSa says:

    PAGI…..

    saYa aLumni ESQ anGkaTan PK66 nIY….
    sUBHanaLLah BanGeT!!
    sBeluMnYa gAK pERnah ngErasa seBahagIa Ini…

    Yg PaliNg MengeSankan PaS KaTarsiZ…KeRRen BgT!
    jD bENEr2 PaHam Makna HidUp sSun99UhNyA….

    MaKaci Ya ESQ………..

  55. desTa_rIeSSa says:

    PAGI…..

    saYa aLumni ESQ anGkaTan PK16 nIY….
    sUBHanaLLah BanGeT!!
    sBeluMnYa gAK pERnah ngErasa seBahagIa Ini…

    Yg PaliNg MengeSankan PaS KaTarsiZ…KeRRen BgT!
    jD bENEr2 PaHam Makna HidUp sSun99UhNyA….

    MaKaci Ya ESQ………..

  56. DanangKus says:

    PagiSiangSoredanMalam……

    Assalamu Alaikum wr. wb

    Salam ESQway165….
    Bro ada pelatihan ndak utk bln ini ?
    perlu di charge lg nich.
    kasih tau ya bro….

    Wasalam.

  57. aSSaLamuaLaikUm……..
    SaLam EsQ…PK16…..LUARBIASA!!!!

    sAya bSyuKur BangeT DgN iKut ESQ ByK Makna yg bIsa Saya sAya amBiL..MeRaSa jd oRang Yg MERDEKA!!!

  58. PEncari Hikmah says:

    Ass..

    Wah mantep neh.

    Gni euy,,pengen nanya ..Knpa ESQ mendaftarkan hak ciptanya?

    Setahu saya yang ilmunya dangkal,,orang mendaftarkan hak cipta untuk 2 alesan: (dalm UU hak cipta)
    1.Moral
    2.Ekonomi

    Klopun memang untuk kepentingan ummat kenapa harus di dftarkan hak ciptanya??seolah2 oleh orang laen tidak boleh memakai metodenya padhal untuk kepentingan ISLAM..toh, AL-Qur’an pun tidak didaftarkan..
    Maaf..tidak menjelekkan isi materi ESQ itu sendiri,,tapi lebih ke arah formil yang menjadi bajunya..

    Mohon ada jawaban yang bisa menghilangkan suudzon saya..

    Wsslm

  59. adiet says:

    hmmm….
    ๐Ÿ™‚
    aq bru saja alumni ni, di Pontianak-Kalimantan Barat..
    wah seneng bgt ngikutinnya.. seru. terlebih lg aq lbih mengetahui tetang islam.. aq lebih yakin akan adanya allah SWT di dekatku…
    maksih ya ESQ. berkat ESQ aq lbih mengenal akan diriku dihadapn allah SWT..

  60. Alumni Bontang says:

    Asslm,
    Pagi !!!

    ESQ jangan dilupain, Yah . . . .
    Hadir terus setiap kali ada training yah
    biar ngga lupa 7 prinsip dasar ESQ, OK.

    Wassalm,

    Salam ESQ

  61. alhamdUlillah Stelah mengikuti ESQ begitu bnyk Perubahan yg Terjadi pada diri saya, dan saya jg mengetahui CINTA kita tidak boleh melebihi cinta kita kepada allah SWT.
    dan Setelah beberapa kali Menjadi ATS dari st jg saya menemukan jati diri saya.

  62. Delfi Gunardy says:

    seneng bgt ikut esq

    ada perubahan ni …

    pengen lagi deh

    kpn y d bdg lg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: