Menumbuhkan Trust Konsumen Pada Toko Online

toko online trust-001Sebagai salah satu negara dengan tingkat adopsi teknologi terpesat dan terbesar di dunia, pasar belanja online di Indonesia amat menggiurkan. Berdasarkan data IDC, belanja ICT Indonesia hingga akhir tahun 2013 ini diproyeksi mencapai US$ 32,8 miliar.

Pertumbuhan ini membuat banyak pengusaha-pengusaha toko online bermunculan di mana-mana, hal yang paling terlihat mungkin ada di timeline facebook atau twitter kita, berbagai macam barang ditawarkan disana oleh toko-toko online yang pro-aktif menjaring konsumen dari media sosial.

Walau dengan berbagai upaya yang pro-aktif, ternyata tidak semua pengusaha tadi berhasil menjaring pembeli, terutama bagi yang baru mengawali. Berminggu-minggu atau bahkan bulan, volume penjualan nya tidak bertumbuh lebih besar. Hal ini, dikarenakan trust baik dari calon konsumen atau bahkan yang pernah menjadi konsumen nya rendah.

Menumbuhkan trust adalah salah satu tantangan pertama yang membuat banyak pengusaha e-business yang merintis toko online akhir nya gulung tikar, hal ini dikarenakan menumbuhkan trust membutuhkan bukan hanya dukungan dari aspek teknis dan teknologi saja namun juga branding, pemasaran dan tentu nya pelayanan konsumen.

Banyak pengusaha e-business yang berlatar belakang ICT tidak menyadari hal tersebut, karena mereka fokus hanya kepada hal-hal teknis pembangunan toko online dan langsung mulai memasarkan tanpa ada strategi terpadu untuk menumbuhkan trust dari calon-calon konsumen mereka.

Ada beberapa upaya menumbuhkan trust kepada konsumen, baik secara teknis maupun non-teknis:

Tampilan Toko Online Yang Professional

Desain website anda memegang peranan awal yang amat penting. Tampilan yang seada nya akan membuat trust langsung hilang pada pandangan pertama. Saat ini ada begitu banyak platform toko online yang menyediakan templates desain website siap pakai, antara lain Prestashop, OpenCart dan Magento.

Fitur Pelayanan Konsumen

Penting bagi konsumen untuk mengetahui bagaimana cara berhubungan langsung dengan layanan pelanggan, live chat adalah fitur yang cukup nyaman bagi konsumen yang sedang mem-browsing toko online anda. Kontak layanan pelanggan secara eksplisit di tampilkan dan tidak tersembunyi di dalam sub menu, dan selalu gunakan nomor telepon Telkom kabel, sebisa mungkin hindari nomor GSM atau CDMA sebagai nomor kontak pelanggan anda.

Fleksibilitas Metode Pembayaran

Pembayaran yang dibatasi dengan kartu-kredit saja bisa membuat calon pelanggan anda curiga dan menarik diri. Banyak konsumen pada pembelian-pembelian awal lebih nyaman membayar di tempat setelah menerima barang nya. Inti nya berikan pelanggan anda fleksibilitas untuk memilih jenis pembayaran yang mereka sukai.

Kebijakan Penukaran Barang

Konsumen memerlukan garansi bahwa barang yang meraka akan terima adalah dalam kondisi baru/seperti yang dijanjikan. Jika tidak, maka kebijakan penukaran barang akan membuat calon konsumen anda lebih yakin untuk membeli dari anda.

Testimonial Pelanggan Lama

Testimoni positif dari pelanggan lama adalah salah satu daya yang amat kuat untuk menumbuhkan trust calon pelanggan baru. Testimoni ini tentu haruslah benar dan jujur, testimoni-testimoni yang di rekayasa sendiri tidak akan mengantarkan toko manapun menjadi semakin maju dan besar untuk jangka panjang.

Masih banyak hal lain yang mendukung untuk menumbuhkan trust pelanggan, antara lain security dari website nya, keaktifan dan rating di media sosial, dan ketepatan waktu pengantaran barang.

Benang merah yang dari upaya menumbuhkan trust sebenarnya adalah pengalaman positif dari pelanggan. Menumbuhkan dan menjaga trust pelanggan adalah kunci dari keberhasilan dan pertumbuhan sebuah toko online.

(Dimuat di Harian Kontan, Senin 27 Mei 2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: