Kamera Smartphone atau Point and Shoot

Sony DSC RX-101Saat ini saya sedang memindahkan koleksi foto dari Dropbox ke Skydrive (kenapa saya memilih Skydrive akan ditulis di posting terpisah), saat mengkategorikan dan memilih foto untuk di upload, saya baru sadar banyak banget moment bagus tapi hasil foto nya nya kurang terang atau kabur alias blurry, ah betapa sayang nya.

Orang bilang, kamera terbaik adalah kamera yang tersedia saat kita ingin menjepret suatu moment, dan biasa nya peran itu jatuh pada kamera smartphone kita yang selalu kita bawa kemana-mana kan. Masalah nya adalah, secanggih apapun smartphone yg populer saat ini, kualitas gambar nya secara umum masih dibawah kamera DSLR, ya iyyalahh..

Saya mencari tahu smartphone apa yang paaaling keren hasil jepret nya, dan banyak review memberikan pujian pada Nokia Lumia 920, hmm.. sempat kepikiran switch ke Lumia, tapi ogah melepas iPhone saya atau membawa-bawa dua hp, pun sekeren apapun hasil jepretan nya Lumia masih juga dibawah kualitas DSLR (teteupp…). Jadi kepikiran, adakah kamera yang cukup kecil dibawa-bawa, tapi kualitas nya bagus banget?

Saat ini saya memiliki DSLR Nikon D80 dan Sony NEX-F3, yang D80 males banget bawa nya kemana-mana (berat dan besar euy), juga nggak gitu tertarik teknik fotografi advanced. NEX-F3 lebih gampang dipakai tapi tetap juga nggak praktis kalau dibawa terus karena ukuran lensa nya relatif panjang (bisa dibawa tapi menuh-menuhin tas).

Googling kiri-kanan, saya mungkin menemukan tepat apa yang saya cari, Sony RX-100. Review Digital Photography salah satu sumber terpercaya untuk review kamera, menyimpulkan bahwa ini satu-satu nya kamera yang dari ukuran fisik nya kecil (kategori Point and Shoot), tapi kualitas gambar dan video nya cukup mendekati DSLR, plus harga nya pun “relatif” terjangkau, Bingo!!

Menurut saya, kamera yang bagus adalah aset, terutama saya punya dua anak yang lucu-lucu dan sedang tumbuh. Bagaimana dengan kamu, apakah sudah cukup puas dengan kamera smartphone saja? Atau kamu sudah memiliki pilihan kamera sendiri?

Update (16 Juni 2013): Saya sudah hampir seminggu memakai kamera Sony DSC RX-100 ini dan hasil jepretan nya bagus banget untuk standar kamera sekecil ini, hasil jepretan nya bisa dilihat di Skydrive saya ini dan di posting acara ‘wisuda’ nya Yura ini.

Comments

  1. Thanks for every other great post. Where else could anybody get that type of info in such a perfect manner of writing? I have a presentation subsequent week, and I’m at the search for such info.

  2. RX-100 yaa.. Harga kisaran berapa itu mas?
    Sapa tau tabungan cukup buat beli 😀

    • Sekitar 6.9 juta, sekarang sudah ada RX-100 II. Sampai hari ini kamera nya beroperasi dengan baik, really worth the money 🙂

Leave a Reply

