Apple TV Di Rumah

Ukuran Size Apple TVApple TVAwal nya iseng nanya-nanya di iBox lalu browsing sedikit dan memutuskan langsung beli, tadi nya saya niat akan pakai di TV kamar, namun Apple TV (generasi 3) sekarang terpasang di TV utama dan lebih sering di pakai oleh kedua anak balita saya.

Apple TV terhubung ke Wi-Fi rumah dan memungkinkan TV rumah terhubung ke Internet, namun yang membedakan dengan Internet TV biasa, adalah akses ke koleksi iTunes store yang lengkap untuk menikmati nya di layar besar TV kita.

Satu hal yg saya harapkan bisa dilakukan Apple TV namun tidak bisa adalah air play, yaitu streaming DVD dari komputer rumah (iMac) saya agar bisa menikmati nya di TV besar, nonton film di layar iMac lumayan enak, tapi ada kala nya ingin menikmati nya di TV besar sambil tiduran di sofa kan (tetap nggak bisa mengeliminasi DVD player nya TV jadi nya).

Parahnya pula, untuk menonton film di TV kita dengan Apple TV, film nya mesti dibeli/disewa via iTunes store di Apple TV nya! Saya mencoba memutar video musik air play ke Apple TV nggak bisa, juga sudah mencoba play DVD original di iMac, pun juga tidak bisa di streaming ke TV via Apple TV (mirroring layar iMac ke TV lancar, tapi video nya di block).

Solusi masalah diatas adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk streaming DVD player iMac, tapi bukan solusi ideal yang saya harapkan. Belakangan saya lebih sering mengakses Apple TV untuk menonton trailer film-film baru saja, kapan-kapan saya akan coba beli atau sewa film di iTunes Apple TV deh pastinya (maklum, DVD bajakan yg belum ditonton aja masih numpuk hehe..).

Anyway, Yura dan Elma mostly memanfaatkan Apple TV ini untuk mengakses YouTube, ada begitu banyak konten yang bagus untuk anak2 seperti video musik anak2, pelajaran menghitung dan mengenal angka, juga huruf.

Banyak orang tua membatasi anak2 menonton karena sifat nya pasif, tapi menurut pengamatan saya, selama diimbangi dengan keaktifan di sekolah nya juga peran kita di rumah, fine-fine saja kok. Namun tentu saja pengasuh mereka diwanti-wanti untuk mengakses konten anak2 saja, di Apple TV saya bisa melihat history apa saja konten yang mereka akses.

Lumayan lah masih bisa dimanfaatkan anak-anak (untuk nonton Youtube), kalau nggak ya jadi kurang berguna aja rasa nya (di negara yang surga nya DVD “murah”) πŸ™‚

Leave a Reply

